Jumat, 05 April 2013

Apa itu UNIX OS ?

Artikel ini sebagai motivasi diri untuk belajar dan terus belajar tentang sistem operasi terutama unix. Artikel ini pertama ditulis setelah aku mampu beli kompi rakitan dari seorang temen. Awalnya dia nawarin aku mau pilih sistim operasi apa untuk kompiku,karena aku belum tahu apa-apa tentang kompi makanya aku jawab terserah dia aja. Emang dasar temen saya doyan ama varian unix OS (Operating System), akhirnya tuh kompi dikasih dua OS.Nah dari situlah asal muasal tulisan ini dibuat.
APA YANG DIMAKSUD UNIX
Mungkin sobat-sobat udah pernah denger unix baik itu dari temen, kampus, atau dari internet,tapi masih bertanya-tanya dalam hati apa sih unix itu? Unix adalah sebuah sistem operasi yang pada awalnya dikembangkan di laboratorium Bell, AT&T oleh paman Ken Thompson sekitar tahun 1973 pake bahasa C,trus.. apa itu sistem operasi?Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengendalikan operasi dasar sistem komputer.
Sekitar tahun 1975 Laboratorium Bell mulai memberikan unix ke universitas-universitas dengan imbalan yang sangat murah, salah satunya adalah Universitas California, Berkeley yang menelorkan versi unix yang sangat-sangat terkenal dengan sebutan BSD (Berkeley Software Distribution) Selain itu pada tahun 1984 juga terdapat proyek yang disebut GNU (GNU’s not unix) yang dikembangkan oleh FREE SOFTWARE FOUNDATION (FSF) yang dipelopori oleh om Richard M. Stallman. Tujuan dari proyek ini adalah membangun sistem semacam unix yang bersifat bebas royalti bagi pemrogram dan pengembang.
Proyek inilah yang mendasari om Linus Trovalds untuk begadang siang malam bikin sistem operasi Linux (kasihan ya..). Tapi kerja kerasnya ada hasilnya juga dengan dipublikasikannya Linux untuk pertama kali sekitar November 1991 dan BOOOM… om Bill Gate dengan winshit..eh windowsnya pun dibuat kelimpungan dengan sang kompetitor baru ini. Oiya sampe mana tadi..oh ini dia…. Unix sendiri terdiri atas sejumlah program(program adalah daftar instruksi untuk memperoleh hasil atau nilai tertentu) yang dirancang untuk mengontrol interaksi antara fungsi-fungsi pada mesin yang beraras rendah dengan program aplikasi. Seperti halnya sistem operasi yang lain unix juga memiliki keistimewaan diantaranya adalah :
PORTABILITAS
Portabilitas karena unix mampu diadaptasikan ke sistem komputer yang lain serta mampu dipakai pada berbagai jenis komputer mulai dari notebook, mikrokomputer (PC), hingga mainframe. Sehingga menjadikan unix sangat menguntungkan karena tidakbergantung pada satu perangkat keras atau vendor tertentu. Untuk beralih dari suatu sistem unix ke sistem unix lainnya juga dapat dilakukan dengan mudah, dan hal ini berlaku juga pada program aplikasinya, kita hanya tinggal mengkompilasinya saja pada sistem unix yang baru tersebut.
MULTITASKING
Multitasking karena seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal. Pekerjaan-pekerjaan yang tidak memerlukan waktu interaksi dari pemakai bisa dilaksanakan di latar belakang (hi hi kayak bikin skripsi aja ada latar belakangnya). Pemrosesan ini memungkinkan saat suatupekerjaan sedang dilaksanakan oleh sistem, pemakai dapat melakukan tugas-tugas yang lain.
MULTIUSER
Multiuser yang berarti sejumlah orang (user) dapat menggunakan sistem secara bersamaan dari berbagai sumber seperti disk, printer, and periperal-periperal lainnya. Apa sih untungnya multiuser? ini nih : -Penghematan perangkat keras (printer, disk, etc) dapat dipakai oleh banyak user-Data dapat diakses oleh banyak user/orang secara serempak, yang berarti tidak ada penduplikasian data sehingga konsistensi dari data lebih terjamin.
FILE SYSTEM HIERARKIS
File system hierarkis? iya donk soalnya ini memungkinkan user untuk mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses. Informasi-informasi yang ada dapat diatur misalnya dikelompokkan per user atau berdasarkan suatu unit/departemen.
UTILITAS
Sistem operasi unix tersusun atas sejumlah program, yang antara lain berupa utilitas-utilitas yang mempunyai tugas antara lain :
- Manajemen file
- Editing file
- Mundukung komunikasi
- Mendukung pengembangan perangkat lunak atau sistem operasi itu sendiri.
SHELL UNIX
Apa itu shell? shell adalah jembatan/antarmuka atau lebih tepatnya interpreter command-line antara user dengan sistem yang bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi user. Sebenarnya shell itulah yang menjadikan unix itu sendiri begitu powerful, kenapa? karena kemampuan shell yang mencakup dua hal yaitu modus interaktif dan modus pemrograman.
Pada modus interaktif, user dapat memberikan perintah dan kemudian shellakan mengerjakan perintah yang diberikan, dimana hal ini dapat diulang-ulang. Sebab begitu shell telah kelar menjalankan perintah, shell akan menunggu user memberikan perintah kembali.
Pada modus pemrograman, user dapat menyusun suatu program yang berupa sejumlah perintah yang biasa disebut shell script ( tunggu aja di artikelku yang ain atau ada yang sukarela memberikan artikelnya ). Selanjutnya shell akan mengerjakan perinta-perintah itu secara berurutan. Hal seperti ini sangat bermanfaat untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin. Pada modus ini user dapat membuat suatu prototipe suatu proyek tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman seperti C.
Mode interaktif maupun pemrograman sangat memudahkan user mengarahkan keluaran perintah yang normalnya ke layar menjadi suatu file. Bahkan user dapat juga mengatur agar hasil suatu perintah menjadi masukan bagi perintah yang lain ( wuih.. keren ya si shell ini). Sebenarnya masih banyak keistimewaan dari unix ini untuk dibahas seperti phracking, hacking, cracking, buanyak kalo dibahas semua.
KOMUNITAS UNIX
Kalau bicara tentang komunitas unix nggak usah diragukan lagi, emang sih pada awalnya pemakaian unix hanya terbatas pada lingkungan universitas, tapi kini unix juga banyak dipakai untuk menangani aplikasi bisnis, statistik dan engineering sehingga komunitas pemakai dan penggemar unix bak jamur di musim hujan menyebar di seluruh dunia melalui internet. Bagaimana dengan Indonesia? jangan kawatir ada banyak situs, majalah, bahkan kelompok pengguna varian unix (linux.red) bertebaran di kota-kota seluruh Indonesia.
Kita juga patut bangga karena bangsa kita yang kolap ini sudah mampu bikin beberapa sistim varian unix sendiri, salut deh…kapan sobat-sobat menyusul? Jangan mau dipenjara hanya gara-gara kompimu pake sistem ilegal, apalagi sampe mempermalukan bangsa dengan mengemis-ngemis ke om BILL hanya karena minta harga yang murah. Jangan yang besar-besar dulu tapi yang kecil kecil aja dulu, misalnya dengan memotivasi diri kita sendiri untuk berkenalan dengan unix kemudian baru migrasinya.
Atau kalau lebih termotivasi kita bisa bikin program C sederhana untuk tugas kampus, bikin script shell, bikin web kampus, ngerjakan skripsinya temen pake unix, saling sharing ilmu antar teman sekampus atau kalau perlu bikin kelompok pengguna unix di jurusan lalu fakultas dan seterusnya universitas…but the point is memotivasi diri kita dulu yang pertama yaitu belajar, kedua belajar dan ketiga belajar.
Kenapa kita tidak menciptakan sistem kita sendiri, program kita sendiri , kenapa kita harus tergantung dengan satu produk yang belum tentu produk yang MEREKA hasilkan sesuai kebutuhan kita.
Apakah kita cukup puas sebagai pemakai saja?

0 komentar:

Posting Komentar